Selamat Ulang Tahun! Jamban Blogger!



Tepat 2 bulan yang lalu gue masuk ke salah satu Forum Blogger Indonesia. Namanya Jamban blogger. Iya gue tau, namanya mirip sama jamban kan? (Yaiyalah namanya aja jamban blogger!). Tapi tenang, gue gak masuk ke perkumpulan orang-orang yang suka boker kok. Cuma namanya aja. Hehe.

Gue masuk komunitas ini sejak  7 Desember 2013, disaat gue baru tau apa itu komunitas blog. Oh... cupunya gue. Gue tau salah satu Forum Blogger Indonesia ini dari @kevinchoc. 

Waktu dulu, Blog gue ini basi banget. Bayangin aja waktu gue pertama ngeblog, gak ada yang baca blog gue. Pas gue posting blog dari bulan pertama gue ngeblog sampai Desember lalu. Gak pernah ada yang baca postingan gue. Gak ada yang komen. gak ada yang ngeliat blog gue. Semuanya pokoknya basi deh!. 

Gue udah frustasi. Bingung harus ngapain. Sampai-sampai gue mau kawin sama ikan mas koki di rumah. Tapi sayang, Ikan mas koki gue mati saat malam pertama. Oh malangnya nasibmu.. wahai ikan mas koki... #BukanArtiSebenarnya

Walaupun emang enggak ada yang baca (kecuali temen gue sendiri), gue mau tetep ngeblog. Apapun alasannya tetep ngeblog!. POKOKNYA GUE MAU TETEP NGEBLOG!. Oke-oke cukup. Gue udah ngikutin semua saran dari blogger-blogger terkenal, kayak raditya dika, Arief Muhammad A.K.A @poconggg, dan tips-tips dari google lainnya. Tapi, setelah gue udah ngikutin, tetep aja gak ada yang baca. Miris.

Tapi semua itu berubah, setelah gue masuk ke Forum Blogger Indonesia yaitu Jamban Blogger.

Awal gue masuk jamban blogger tahun lalu. Gue mencoba adaptasi dengan forumnya dan member-membernya juga. Ini dia tampilan forum Jamban Blogger yang dulu.



Tampilan dulu jamban blogger. Ini adalah benakribo. Dia emang udah masuk JB dari dulu.

Tampilannya emang sederhana. Gak beda jauh ama muka gue. Bedanya muka gue lebih ganteng (lha?). Gue masuk dengan cengegesannya ke blog ini. Yaaa.. lumayan komunitas baru. Kebetulan saat itu gue emang pingin masuk komunitas ini dan akhirnya gue menemukan Jamban Blogger di belantara dunia internet ini.

Namanya emang absurd. Jamban Blogger. Seperti yang gue bilang diatas ini bukan komunitas blogger yang suka nge-blog sambil pup. Gak gitu juga. Sebenernya Jamban Blogger ini punya arti tersendiri.  Jamban itu adalah tempat orang buat beabe kan? nah pasti sisa zat yang tidak kita inginkan itu pasti bakalan dibuang ke dalem Jamban. Ini juga sama di Jamban Blogger!, Jadi Jamban ini diartikan bagaimanapun tulisannya pasti akhirnya bakal dikumpulin juga di Forum Blogger Indonesia ini yaitu Jamban Blogger

Oke-oke cukup buat bahas curhatan gue. Sekarang mari kita omongin Forumnya.

Jamban Blogger ini punya forum sendiri. Semacam kaskus gitu. Bedanya kalo jamban blogger isinya blogger-blogger yang kreatif. Dulu forum jamban itu belum sebagus sekarang. Dulunya kayak gambar yang gue liatin diatas. Tapi sekarang, di HUT Jamban Blogger 1st ini, Jamban Blogger langsung merombak penampilan forumnya menjadi seperti ini! :

Jamban Blogger yang sekarang. Iye, Gue tau bagusan forumnya dari pada blog gue.

Bener kan? bagus kan?. Jamban Blogger yang sekarang memang lebih fresh dari yang dulu, lebih tjakep, dan lebih absurd. Hehe.

Di forum ini ada banyak sub forum di antaranya :

1. Jamban Blogger



Disini ada 2 sub forum yaitu Jamban Info, dan Jamban Update. Isinya tentang info-info jamban blogger gitu. kayak jamban blogger masuk tipi, Talkshow di mana gitu dan lain-lain. Kayak waktu beberapa hari yang lalu, Jamban Blogger nyamperin SMAN 1 Turen, Malang!. Hehe.

2. Share

Ini ada 3 sub forum, diantaranya : Kenalan, Numpang Jamban, dan Artwork

Di Jamban Blogger, member-member baru wajib kenalan!. Tujuannya bisa mengenal antara satu dengan yang lainnya. Numpang Jamban itu artinya bukan masuk ke WC orang terus pup tiba-tiba ye. Hehehe. Numpang jamban ini biasanya kalo ada post baru di blog kamu, coba share disini. Siapa tau pada dibaca tulisan kamu!.

3. The Lounge.

Di sini itu ada yang namanya The Lounge. Sama kayak kaskus. Bedanya kalo lounge Jamban Blogger isinya tentang blog dan lain-lain. Kayak Tanya-Tanya tentang blog, ada juga balkon yang isinya tips-tips nulis tapi gak terbatas itu juga sih, Info-info yang lain juga bisa di update disini. Contohnya : Letusan Gunung Kelud, dan lain-lain. Tapi ada juga forum curhat. Jadi, bagi yang suka curhat sampe nangis juga kayak gue (iye, gue kalo curhat sambil nangis-nangis. terlihat seperti banci memang.), mending ke jamban blogger deh buat curhat. Sekalian juga bikin juga blog kamu sendiri biar makin Asoy!.

4. Kopdar.

Ini isinya tentang kopdar antar regional. Bagi yang belum tau kopdar. Kopdar itu kayak ngmpul-mgumpul bareng gitu sesama blog. Di Jamban Blogger, Ada juga sesi #KumpulKeblog. Kumpul Keblog ini emang mirip sama kumpul kebo. Tapi disini bukan kebo yang ngumpul, yang ngumpulnya itu para member-member Jamban Blogger. Yang gue tunggu-tunggu nih, kopdar bandung kapan??? Regional bandung kayaknya dikitan... lain kali kalo mau ajak yee...

Semuanya pasti bingung. Gue bikin postingan ini buat apasih?. Gue buat postingan ini dalam rangka menyambut Ultah JB yang pertama! yeeeeeeee!. Sebenernya sih, ultahnya udah lama. yaitu tanggal 10 januari. Hehe. Tapi gue baru buat sekarang. Sekalian juga sih ada lomba HUT JB. #ModusTerselubung

Sebelum gue bikin wish buat JB di akhir postingan, gue mau ucapin makasih buat Jamban Blogger. Berkat Forum Blogger Indonesia ini gue gak jadi kawin lagi sama ikan mas koki, Blog gue jadi dikenal orang, Di sekolah banyak yang nge-fans sama gue, Sampai-sampai maudy ayunda suka sama gue (Sebenernya gak ada hubungannya sih sama JB.). Thank's Jamban Blogger! Blog gue sekarang jadi rame, blog gue banyak yang komen, makasih juga buat saran-saran penulisan yang baik dan tips-tips nulis yang baik, . Sekali lagi thank's Jamban Blogger!

Oh iya, bagi blogger yang belum gabung, gabuk yuk kesini!. Kita ramaikan Jamban Blogger dan seluruh penghuninya.

And the last but not least, gue punya wish buat Jamban Blogger. Semoga di tahun ini Jamban Blogger makin sukses, Dikenal banyak orang terutama artis, makin banyak membernya, makin solid antar member dan regional, bisa jadi inspirasi buat semua komunitas blogger indonesia dan juga blogger-blogger di Indonesia. Amiiinnnnn.....

Sekarang, mari kita teriak sama-sama.....

SELAMAT ULANG TAHUN JAMBAN BLOGGER!!!!

9 comments:

Thank's for reading reader's!. Jangan lupa ninggalin jejak. Gak perlu nempatin link blog lo di komentar. Kalau sering-sering mampir, nanti dikunjungi balik kok!. Hati senang, kamu riang, lepas kutang~. -@rifqiaakram