Surat Cinta Untuknya Part 6 : Surat Terakhir


Oke kali ini gue gak bakalan cerita kenapa gue menghilang lama sekali. Besok aja deh di postingan selanjutnya hehehe. Ini updatean terbaru SCU. silahkan nikmati yang part sebelumnya juga.

Bagi yang baru baja silahkan baca dari Part 1, Part 2, Part 3, Part 4 dan Part 5

Enjoy!

***
Hari itu akhirnya tiba juga. Hari dimana gue akan meninggalkan SMPN 1 Bandung ini sekaligus kenangan-kenangan indah di dalamnya. Termasuk kenangan indah gue bersama Mercy Alya Saputri.
Hari ini juga mungkin bakalan jadi hari terakhir gue bertemu sahabat-sahabat gue, Bill, Rafi, grup bojekers gue Adam, Aprana, Finla dan juga ini bakal jadi hari terakhir gue melihat dia.
‘Kong, bangun. Udah jam berapa? Kamu jadi gak perpisahannya?’ Kata nyokap sambil goyang-goyangin gue yang lagi mesra-mesraan sama guling.
‘Hah? Apa? Tukang Ojek perpisahan?’ Kata gue menggumam ke nyokap dengan mata yang belum terbuka.

‘EEEEHHH MALAH NGELIDUR! KAMU JADI PERPISAHAN GAK?!’ Kata dia setengah teriak. Nyokap ngambek.

Gue langsung bangun kaget, ‘Hah iya? Kenapa ma? Ada Tukang Ojek? Kiki udah telat nih!’ Kata gue masih ngelindur. Padahal gue udah bangun.

‘Kamu ini masih aja ngelindur!. Udah sana mandi. Kamu perpisahan jam berapa?’

‘Jam 12 siang. Kenapa emang?’ Kata gue setengah sadar, sambil nungging-nungging ngumpulin nyawa.

Nyokap diem.
 
‘Sekarang jam berapa emang?’ sambung gue.

Gue mengalihkan pandangan gue ke jam dan… KAMPRET! SEKARANG JAM 5 SUBUH!
.
‘LOH? MAMA KENAPA BANGUNIN AKU JAM SEGINI?!’ Kata gue sewot.

‘Ya.. kirain mama kamu perpisahannya pagi gitu jam 7 atau 8-an’

Gue diem. Padahal, tadi malem gue udah bilang perpisahannya ada prom nightnya. Gue juga udah ngasih undangannya ke nyokap, dia juga udah baca jam dan bakalan ada prom night di perpisahannya. Sepertinya, saat nyokap bangun kepalanya sudah terbentur pintu lalu tertimpa batu bata lima ton.

Akhirnya gue bangun buat mandi sekalian juga gue belum melaksanakan ibadah subuh.

Setelah mandi dan shalat subuh, gue kembali ke kamar gue. Duduk di atas kasur menyandarkan tubuh ke tembok sambil mendengarkan musik. Tak lama, gue membuka laptop lalu membuka folder ‘Kenangan SMP’. 

Segera, gue buka satu per satu foto yang ada disana. Gue tersenyum melihat anak kontet bermuka babi berpose seperti bencong kurang gizi berfoto dengan teman-temannya (yang sama bencongnya juga).

Sesekali gue juga mengingat kejadian-kejadian absurd yang dilewati oleh gue dan grup gue bojekers. Gue sangat ingat ketika gue gak mau ngambilin daun untuk tugas sekolah dan beralasan bahwa gue akan bertemu maudy ayunda. Gue juga masih ingat ketika kita berempat nongkrong dipinggir jalan sambil sesekali teriak-teriak ‘WOY MAS! ITU STANDARNYA BELUM NAIK’ ke pengendara sepeda motor, lalu kita tertawa berbarengan. Gue juga masih sangat ingat ketika gue dating pagi-pagi lalu kebelet boker disana. Berhubung WC siswa itu ga ada slotnya, adam langsung mengantarkan gue ke WC guru. Tapi sayang, gue berak dicelana dalem duluan.

Sekali lagi, gue slide foto yang ada di layar laptop gue ini. Tiba-tiba, gue terdiam. Gue melihat foto yang sudah tidak asing lagi terlihat oleh mata gue. Foto yang mungkin menjadi saksi bisu bahwa gue pernah melakukan suatu hal yang dodol di sekolah gue ini.

Gue melihat foto surat yang pernah gue berikan ke Mercy.

Segera gue lihat kembali surat yang gue simpan di dalam tas, lau membukanya. Gue tersenyum kecut melihat kata-kata gue yang begitu dodol disurat itu. Gue jadi ingat kembali ketika mercy nanya ke gue ‘Ini gak bakal ada kutang-kutangnya kan?’. Gue juga masih ingat ketika gue berkata dalam hati ‘TENANG!, INI BUKAN MASALAH KUTANG AKU JANJI TIDAK AKAN ADA KUTANG-KUTANGNYA!. BAHKAN AKU SEKARANG TIDAK MEMAKAI KUTANG!. PERCAYALAAAHHH!!! HOUWOOHHH!!!’  

Melihat surat cinta itu, gue jadi keinget sesuatu. Gue belum buat surat cinta untuk yang ‘terakhir’ sebagai hadiah perpisahan yang bisa gue berikan.
 
Segera gue ambil kertas HVS, pensil, dan amplop untuk menulis surat terakhir ini. Setelah dua jam menulis (dengan jari yang hampir patah), akhirnya gue berhasil membuatnya. 

Ya, kali ini, gue gak mau gagal lagi buat surat cinta. Gue juga sudah mengurangi kata-kata ‘kutang yang beterbangan’. Gue takut jika dia melepas kutagnya lalu melemparkannya ke muka gue saat menerima surat ini.

Setelah menulis, gue melipatnya dengan rapi, memasukkannya kedalam amplop, lalu menulis kalimat ‘You Know Who Am I’ di cover amplopnya. Lalu sesudah itu, gue berangkat.

Seperti kebiasaan gembel pada umumnya, hari ini gue nebeng mobil aprana. Ya…. Lumayan lah. Irit ongkos. Duitnya kan bisa buat beli cendol. Walaupun, gue  yakin, pasti cuma cukup beli plastik cendolnya saja.
Akhirnya, aprana datang menjemput gue. Segera gue naiki mobilnya dan menembeng mobilnya. Layaknya orang yang udah lama gak ketemu (Ya, gue dan dia udah lama gak ketemu sama gue. 3 hari.), gue dan apran sedang mencari-cari topi obrolan yang seru, sopan, dan tidak menyebabkan gue ditendang keluar jatoh ke jalanan lalu dilindes truk tronton oleh nyokapnya.

Iya, biasanya gue dan apran dan bojekers selalu mencari topik obrolan yang bisa membuat orang ingin membakar kita hidup-hidup jika ada yang mendengarkannya. Seperti beberapa hari yang lalu gue mengobrol masalah gue yang masih suka minum susu pake dot bayi.

Tapi serius. Enak loh!

‘Qi, lo mau ngasih apa ke gebetan lo?’ Kata apran sambil membuka topik obrolan.

Gue langsung membuka seleting tas, ‘Gue mau ngasih ini doang. Surat Terakhir.’ Kata gue sambil menyodorkan surat yang kayaknya isinya (emang) curhatan semua.

‘Oh, umm.. oke juga tuh. Terus isinya ada nembak dianya kan?’ Kata aprana menggoda.

JEGER!. JEGER!. JEGER!. Gue langsung kaget! Jantung gue berdetak cepat, bulu kuduk gue merinding. Entah kenapa saat itu gue lebih mirip seperti orang yang kebelet boker daripada ketakutan. Gue langsung jawab ‘Enggak, pran. Gue udah nyerah sama dia. Cinta gue gak berbalas. Percuma gue ngejar-ngejar orang yang bahkan tidak pernah suka gue,’ kata gue menggebu-gebu. ‘Gue juga nyadar diri. Gue emang jelek sih. Gak ganteng-ganteng amat. Diamah masih suka sama orang yang ganteng sekaligus berduit kan?’ sambung gue.

‘Bener juga sih. Gue juga ngerasain hal yang sama waktu gue deket sama dia tahun lalu. Matarliasitis.’ Kata dia ngaco.

‘Matrealistis kampret.’ Kata gue ngebenerin ‘Lo ngasih apa ke dinda?’

‘Ini.’ Kata dia sambil nunjukin cincin batu yang kemarin dia beli bareng sama gue.

‘Lah lo ngapain ngasih ginian? Kirain gue buat dipake sendiri.’

‘Enggak, gue udah ada. Lagian ini juga bonus pas gue belin cincin ini.’ Kata dia sambil menunjukkan cincin di jari manisnya. ‘Gue ngasih ini, soalnya kemarin gue kan ngasih hadiah perpisahan juga, gue ngasih piso. Eh.. pisonya dia buang. Ya akhirnya gue ganti sama ini. Soalnya Piso kan lambang dari rasa sakit. Gue gak mau aja dia nyimpen rasa sakit gue.’

‘Gitu ya?’ 

Dalem hati, gue berifikir : IYALAH NGASIH PISO BUAT HADIAH PERPISAHAN DIBUANG! BUAT APA?!. Gini ya, kalo si dindanya emang jago masak atau dia ikutan masterchef junior wajar kalo apran ngasih pisau. Setau gue, dinda adalah orang yang cukup pemarah, dan kalo udah marah dia menggila. Untungnya, apran ngasih pisau itu dalam keadaan dinda lagi mood. Coba kalo lagi marah, dia lemparin pisau ke arah apran. Gue nangis jerit-jerit sambil marahin dinda. Lalu, gue ditusuk juga.

Gak lama kemudian, kita sampai ke sekolah. Gue dan apran masuk ke dalam area sekolah. Keren. Panggungnya bagus, standnya banyak lagi. Sepertinya, ini bakal menjadihari makan besar gue. Jujur, tiap gue ke nikahan orang, gue selalu aja nyerbu stand duluan sebelum salam ke pengantin. Faktanya, memang lebih enak standnya daripada pengantinnya.

Bayangkan , gue bolak-balik 15 kali ngambil pancake eskrim. 

Gile. Itu enak banget.

Setelah beberapa lama menunggu, satu per satu orang berdatangan. Adam dan Finla juga udah dateng. Kita udah sempet ngobrol ngobrol lama. Dari kendala datang ke sini sampai berapa ya NEM kita nanti. Selang 15 menit cewek itu datang juga. Ya mercy. Dia berkebaya berwarna hijau panjang, lengkap dengan make up yang membuatnya terlihat semakin cantik.

Gue juga sempat berfikir ragu, apakah bener gue harus ninggalin dia?

Sepanjang malam, setelah pembagian NEM, gue memperhatikan dia. Berharap tak ada orang yang mengelilinginya lalu gue datang memberikan surat terakhir itu sambil nari saman (lho?).

Gue menunggu… menunggu.. menunggu… sampai akhirnya gue harus melaksanakan ibadah shalat magrib. Setelah shalat, gue kembali ke dalam area panggung. Segera gue edarkan pandangan mencari mercy. Tidak ada.

Gue keluar menuju tempat makanan. Tidak Ada.

Gue cari kedalam selokan. Tidak ada juga (yaiyalah!).

Depresi, gue cari kedalam toilet pria. Gak ada juga.

Saat itu, gue langsung down. Muka gue pucet seperti pocong yang baru saja ditolak untuk menjadi pacar kunti.

Gue kembali masuk ke dalam area panggung. Saat itu, panggung lagi rame, banyak orang joget-joget khas orang di diskotik diiringi lagu-lagu yang membuat kuping gue amnesia pendengaran. Gue sendiri malah diem. Memandangi orang-orang itu sambil meneguk jus jambu yang ada di tangan kanan gue.

Gue berfikir ‘Gagal lagi rencana gue.’. Sempet bingung juga bagaimana gue bisa memberikan surat ini atau setidaknya isi surat ini. Mau ke rumahnya? Malu (gue juga gak tau jalannya), Mau dititipin ke temennya? Takut pada ketawa-ketawa, Mau di publish di blog? Gue takut nanti bukan dia orang pertama yang membaca surat gue. Akhirnya gue depresi, gue jadi pengen kawin sama taylor swift. Tapi dia gak ada disini.

Gue melihat ke arah belakang, dan astaganagabonarjadidualubangpantatnya. DIA
MASIH ADA, MEN!. Gue seketika langsung seneng, loncat-loncat ga jelas sampai disangka temen sebelah gue, gue seneng kena HIV AIDS.

Tapi sayang, ini bukan waktu yang tepat. Gue akhirnya merombak ulang rencana pemberian surat ini.rencananya seperti ini.

Ketika mau pulang, gue menitipkan surat ke seseorang lalu memberikannya kepada Mercy. Gue harap rencana gue kali in berhasil.

Malamnya, saat puncak acara perpisahan ini tiba. Gue merenung. Memikirkan siapa orang yang tepat agar bisa memberikan surat ini segera. Lalu, tiba-tiba muncul nama seseorang agar bisa menjadi tumbal gue. Ya… setidaknya kalo mercy nolak surat gue, dialah orang pertama yang akan menerima tamparan dari Mercy.
Tak lama, acara selesai juga. Semua bubaran. Gue melihat ada orang yang meluk sahabat-sahabatnya sambil nangis. Ada juga yang meluk pacarnya, sambil berkata ‘Kita bakalan terus, kan?’. Sedangkan satu-satunya yang bisa gue peluk adalah… pohon kelapa.

Gue memberikan surat itu ke apran. Segera apran pun menyampaikan surat itu. Gue memandang mereka dari kejauhan. Tampak seperti ada perdebatan diantara mereka berdua. Gue gak tahu itu. Entah apran membela cinta gue atau Mercy yang menolak surat dari gue. 15 menit kemudian semuanya berakhir.

Berlalu begitu saja. 

Dia juga tidak SMS gue atau sekedar DM twitter gue mengucapkan ‘sama-sama’.

Oh iya surat gue isinya seperti ini. 

Dear Mercy,
Hei cantik, bagaimana kabarmu? Sehat ?hahaha. sudah lama aku tak mendengar kabarmu lagi. Biasanya kamu mengupdate twittermu itu. Ya… minimal tentang Justin Bieber atau tentang teman-temanmu. Hehe. Ini dari 4 juni kok engga ada kabar sih?

Cy, kali ini aku ga akan curhat lagi. Aku juga gak akan nulis ‘kutang-utang yang beterbangan lagi. Takutnya kamu ilfil Hehe. DI surat ini aku cuma mau bilang makasih. Makasih udah ngisi hati aku selama 2 tahun ini. Makasih juga kamu udahnerima surat dodo, udah mau ngomong sama aku dan udah mau juga nerima cokelat aku. Sekali lagi makasih. Aku bangga sama kamu. Mungkin kalau bukan aku pasti kamu nolak semuanya dari awal. Bio twitter kamu yang ‘I’ll let you fly itu juga buat aku kan? Kamu akan membawa aku terbang dan thank’s udah dijatohin keras banget.

Pokoknya makasih buat segalanya. Kamu tahu? Gara-gara kamu blog aku yang udah lama gak keurus itu jadi jalan lagi berkat ceritamu yang paling banyak disukai. Daya tarikmu besar juga ya?. Gara-gara kamu aku juga jadi bisa mewujudan impianku dari kelas 6 SD yang sekarnag sudah terealisasikan. Jadi penulis. Iya, berkat kamu aku jadi buat novel. Makasih buat segalanya ya. Gara-gara kamu aku jadi kayak gini. :)

Sekarang aku akan melangkah lebih jauh lagi. Menyusul kamu yang sudah berjalan jauh kedepan. Mungkin kamu juga akan mencari cowok yang pas buat kamu. Dan aku juga akan berlari menemukan cinta ‘Baru’. Seperti lari marathon, aku seperti berlari dari hubungan gagal-ke hubungan gagal lainnya. Ketilka itu aku berhenti kecapekan dan menemukanmu. Aku kira kamu garis finishnya. Ternyata enggak. Dan ternyata ini jadi hubungan gagal juga. Sekarang aku harus berlari kembali. Aku harap aku menemukan ‘kamu’ yang baru. Dan aku rasa aku sudah menemukannya. Tapi aku masih ragu dengan dia. Aku taut ‘dia’ memberian respon yang berbeda dari kamu. Mungkin perasaan ini cuma bisa dipendam saja. Tapi aku berharap ‘dia’ yang baru bisa mermberi respon yang baik. Lho? Kok aku jadi curhat sih? Aku tau kamu gak suka orang yang banyak curhat kecuali teman-temanmu kan? Itu sudah terlihat dari wajahmu yang cantik. Sekali lagi makasih ya cy buat segalanya. Aku sebenernya masih mau ngomong panjang. Tapi kertasnya kecil dan… Happy Birthday juga, Mercy Alya Saputri. :)

With Love,

Rifqi Fauzan Akram…

Well, ini akhirnya. Ternyata gue gak jadian sama dia. Gue sudah kapok sekaligus sakit sudah dibawa tinggi ke langit lalu dihempaskan kebawah. Jatuh, remuk, dan hancur berkeping-keping.

Dan setelah itu gue berfikir kembali.

Apakah mungkin gue menemukan seseorang yang bisa memperbaiki perasaan gue ini kembali?

Gue gak tahu.

Tapi, gue yakin pasti ada.

 TAMAT

8 comments:

  1. Itu yang ngasih kenapa nggak lo sendiri? cemen. Hih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya hehe. Abis malu sih. Ya.. beda lah.. namanya juga orang yang lagi jatuh cinta.... huehehehe

      Delete
  2. Akhirnya, tamatnya sad ending gini. Hahaha. Ini yang kamu bilang 'itu bio twitter kamu buat buat aku kan' pede bangeeeet. Kamu mem-phpkan dirimu sendiri, Ki huahaha.
    Besok ganti cerita lagi ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih... akhirnya malah jadi kayak gini. *nangis darah*

      Engga itu emang bener sih kayaknya. Soalnya waktu itu dia single dan gue lagi muncul-munculnya di hidup dia. jadi bio twitter itu tertulis semenjak gue ngasih surat dodol yang pertama itu. hehehe

      sipa lagi kalo bukan gue? ya gak?

      Delete
  3. endingnya bikin gue nangis darah (tapi bohong)

    ReplyDelete
  4. ini belom berakhir... masak endingnya cemen begini...

    entar kan ada sesi nerima ijazah, nah, kamu harus buat 'surat beneran terakhir' trus kamu kasih langsung sambil ngucapin perkataan seperti isi surat ini. kemudian 'surat beneran terakhir' itu kamu titipkan #deng yah, karena SURAT YANG MENGANDUNG SIRAT HARUS DISAMPAIKAN DENGAN KEBERANIAN YANG TIDAK SURUT SAMBIL MEMBERIKAN TATAPAN SOROT MATA YANG PENUH SARAT.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih.. tapi udahlah... gak usah lagi.. Hehe

      Eniwei, tadi di kalimat terakhir, lo ngomong bahasa apa tadi?

      Delete

Thank's for reading reader's!. Jangan lupa ninggalin jejak. Gak perlu nempatin link blog lo di komentar. Kalau sering-sering mampir, nanti dikunjungi balik kok!. Hati senang, kamu riang, lepas kutang~. -@rifqiaakram